Wajib dibaca! Ini Dia Novel Fiksi Terbaik Indonesia

Oleh Eureka | 08 Dec, 2019 |
786
IMG-BLOG
08 12 2019

Kamu penggemar buku-buku fiksi? Ini dia novel fiksi terbaik Indonesia yang wajib kamu baca. Untuk kamu yang menyukai buku-buku fiksi, terkadang akan mengalami kebingungan untuk menentukan buku apalagi yang harus dibaca. Nah, ini dia beberapa rekomendasi buku fiksi terbaik yang bisa kamu dapatkan untuk menjadi buku bacaanmu selanjutnya.

 

Laut Bercerita karya Leila S. Chudori

Laut Bercerita mengisahkan tentang sosok lelaki bernama Biru Laut dan kawan-kawannya sesama aktivis untuk menyuarakan pandangan mereka. Novel yang dilaunching pada akhir 2017 ini mengambil latar belakang kisah tahun 1998 dimana kebebasan berpendapat masih sangat dibatasi oleh pihak yang berkuasa.  Namun, perlawanan yang mereka lakukan berakhir dengan pengejaran dan penangkapan. Penulis menggambarkan kisah dalam dua sudut pandang berbeda. Bagian pertama menggunakan sudut pandang Biru Laut dan pada bagian kedua menggunakan sudut pandang adik dari Biru Laut, yaitu Asmara Jati. Penulis mampu menuangkan kisah drama dan tragedi dengan nada nostalgik yang akan membuat siapapun yang membacanya hanyut dalam kisah mereka yang dihilangkan.

 

Seri Supernova karya Dee Lestari

Seri Supernova terdiri dari enam buku, yaitu Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh (2001), Supernova: Akar (2002), Supernova:Petir (2004), Partikel (2012), Gelombang (2014), dan Intelegensi Embun Pagi (2016). Sejak kemunculannya pada tahun 2001, Supernova sudah diminati banyak pembaca. Seri pertama diawali dengan kisah dua orang mahasiswa yang menuntut ilmu ke negeri Paman Sam, yaitu Dhimas dan Ruben. Walaupun serinya sudah berakhir pada tahun 2016 lalu, seri Supernova masih masuk ke dalam daftar buku yang dicari dibeberapa toko buku. Beruntung untuk kamu yang baru akan membacanya, karena tidak perlu menunggu karena serialnya sudah lengkap dan bisa kamu dapatkan di toko buku-toko buku kesayanganmu. 

 

Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari

Ronggeng Dukuh Paruk terbit pertama kali pada tahun 1982 dengan bentuk trilogi. Namun pada tahun 2003, Ronggeng Dukuh Paruk diterbitkan dalam satu buku dengan beberapa bagian yang disensor. Dukuh Paruh merupakan nama dari sebuah desa yang terpencil juga miskin. Namun, terdapat satu hal yang menjadi kebanggaan tersendiri untuk warga Dukuh Paruh yaitu kesenian ronggeng. Tradisi tersebut hampir musnah sampai munculah Srintil seorang gadis yang dinobatkan menjadi ronggeng baru. Bagi pendukuhan tersebut, ronggeng adalah sebuah perlambang. Tanpa kehadiran ronggeng, warga Dukuh Paruk seperti kehilangan jati diri. Srintil yang menjadi primadona baru menjalani beberapa ritual sebagai ronggeng. Semua ingin mendekatinya. Sampai masalah besar muncul dan menghancurkan perdukuhan.

 

Negeri 5 Menara karya A. Fuadi

Cerita kehidupan pondok pesantren di Jawa menjadi latar belakang dari novel ini. A. Fuadi membawa pembacanya untuk terjun dalam kisah mengenai hubungan persahabatan, aktivitas pendidikan, serta semangat yang ditunjukan dari penggambaran para tokohnya. Negeri 5 Menara diceritakan dengan kisah yang seru juga inspiratif. Di dalam novel ini, penulis menyelipkan berbagai kisah mengenai candaan khas pondok, syair-syair Islam juga lirik lagu yang berhasil memberi semangat kepada pembacanya.   Siapapun yang membaca maupun menonton film Negeri 5 Menara pasti familiar dengan mantra “Man Jadda Wajada” yang memiliki arti, siapa yang bersungguh-sungguh, maka keberhasilan akan didapat. Dengan membaca novel Negeri 5 Menara akan membantu kita untuk memahami bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika kita bersungguh-sungguh ingin mewujudkannya.

Ini dia ulasan beberapa novel fiksi terbaik Indonesia yang wajib kamu baca. Dari daftar di atas, judul yang mana saja kah yang sudah kamu baca?

Generic placeholder image

DITULIS OLEH

Andaf Iman

Content Writer

Content Writter eurekabookhouse.co.id

New Entry