Ingin Jadi Penulis Ini Dia Cara Menjadi Seorang Penulis untuk Pemula

Oleh Eureka | 20 Aug, 2019 |
349
IMG-BLOG
20 08 2019

Jumlah bacaan yang tak sedikit juga pengalaman yang matang merupakan dua dari beberapa faktor yang dapat menciptakan sosok penulis yang handal. Dengan menulis, kamu dapat mengekspresikan dirimu dengan bebas. Kamu juga dapat menuangkan pikiran-pikiranmu melalui kata-kata tanpa adanya batasan. Namun, salah satu hal yang dapat menghambat para penulis pemula adalah bingung bagaimana untuk memulainya. Jika kamu merasa demikian, ini dia beberapa cara menjadi seorang penulis untuk pemula yang dapat kamu lakukan. Yuk simak beberapa poin di bawah!

 

Bacalah Lebih Banyak Buku

Baca semua genre buku, baik itu yang kamu sukai maupun yang tidak kamu sukai untuk bahan referensimu. Hal ini akan melatihmu untuk mengerti susunan kata yang baik dan benar juga mengenal karakter tiap penulis. Jika kamu telusuri, setiap penulis memiliki karakternya masing-masing. Kamu akan mengetahui siapa penulis bukunya hanya dengan membaca isi dalam bukunya. Dengan membaca buku, selain akan memudahkanmu dalam merangkai ide cerita, kosa katamu juga akan bertambah lho! Tentu ini adalah hal yang akan menguntungkanmu kelak ketika kamu memulai untuk menulis buku.

 

Latih Dirimu untuk Menulis

Latihlah dirimu untuk menulis. Dengan berlatih, kamu akan terbiasa dengan proses menulis. Kamu mungkin akan merasa kesulitan ditahap awal. Tapi tenang, ini adalah hal biasa. Carilah kalimat-kalimat yang menarik untuk mengawali tulisanmu. Semakin kamu banyak berlatih, semakin mudah untukmu merangkai ide-ide ceritamu dalam sebuah tulisan. Ingat juga poin sebelumnya ya.

 

Nikmati Proses Menulis dan Membaca

Satu hal yang terkadang luput adalah sebuah proses. Sebagai penulis pemula, menikmati proses adalah kuncinya. Ketika kamu sudah menikmati prosesnya, kamu akan terus merasa senang dan tak terbebani ketika melakukan aktivitas menulis maupun membaca. Kegiatan yang dilakukan dengan suka cita akan melahirkan sebuah karya yang jujur dan enak dibaca. Mulai sekarang kamu harus berpikir bahwa, “menulis dan membaca adalah kegemaranku”,” membaca membuatku mengetahui hal-hal baru di luar sana”, dan sebagainya.

 

Ikuti Pelatihan Menulis

Ikut dalam pelatihan menulis dapat kamu lakukan untuk mengasah kemampuan menulismu. Saat ini sudah banyak lembaga-lembaga yang menyediakan pelatihan menulis. Kamu bisa melakukan pencarian dalam internet untuk mengetahuinya. Beberapa penulis terkenal pun terkadang membuka kelas khusus dengan tema-tema tertentu mengenai kepenulisan. Kamu dapat mengikuti kelas tersebut dan menanyakan hal-hal terkait kepenulisan kepada ahlinya.

 

Percaya Diri dan Kirimkan Karyamu

Ingin mengetahui kualitas tulisanmu? Kamu dapat mencoba untuk mengirimkan tulisanmu kebeberapa media surat kabar maupun ke website-website yang dapat menyalurkan tulisanmu. Tulisanmu mungkin tidak akan langsung dimuat, tapi teruslah menulis dan mengirimkan tulisanmu ya! Jangan kaget ketika tulisanmu dimuat, kamu akan mendapati beberapa bagian tulisanmu diubah maupun dihilangkan. Hal tersebut terjadi karena tulisanmu sudah melewati tahap edit oleh editor. Yang harus kamu lakukan adalah pelajari dibagian mana tulisanmu direvisi.  

 

Catat Idemu dan Tuliskan

Ide dapat muncul dari mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, siapkan buku catatanmu dan segeralah tulis setiap ide yang terlintas dikepalamu. Kamu bisa saja mendapatkan ide saat mendengarkan musik, membaca artikel, menonton tv, maupun dari kegiatan-kegiatan lainnya. Ide yang sudah tercatat di dalam buku catatanmu dapat kamu buka kembali saat kamu sudah siap untuk menuliskannya. Proses berikutnya adalah pacu dirimu untuk menuliskan semua ide-idemu dengan bebas tanpa ada batasan. Tulislah tanpa ragu.

Menjadi penulis bukanlah merupakan hal yang mudah, bukan juga merupakan hal yang sulit untuk diraih jika kita memiliki tekat yang kuat. Ini dia beberapa cara menjadi seorang penulis untuk pemula yang dapat kamu lakukan. Untuk menjadi seorang penulis yang handal memang membutuhkan waktu. Namun, satu hal yang harus kamu ingat bahwa perjalanan yang kamu lalui terkadang tidak selalu mulus. Untuk itu, kamu harus tetap semangat dan konsisten ya.

Generic placeholder image

DITULIS OLEH

Andaf Iman

Content Writer

Content Writter eurekabookhouse.co.id

New Entry